Timnas Indonesia Kontra Pertandingan Non-Kompetitif

Setahun lebih mati suri, denyut nadi sepak bola nasional hidup lagi. Laga uji coba antara Timnas Indonesia kontra Tira Persikabo menjadi pertandingan non-kompetitif pertama di tengah pandemi COVID-19. Tanpa penonton dan juga begitu banyak peraturan, begitulah kondisi sepertinya terjadi di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat, pada Jumat (5/3/2021) malam WIB, lokasi pelaksanaan partai Timnas Indonesia melawan Tira Persikabo.

Minus sayup-sayup suporter, pedagang asongan serta penjual atribut di sekitaran stadion sepertinya memang sudah tidaklah ada lagi. Pertandingan sepak bola terasa hampa. Sepak bola Indonesia identik dengan pedagang asongan dan juga penjual atribut tim, namun fenomena itu tidaklah berlaku lagi di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) pada tiga tahun belakangan. Sejak kembali dibuka untuk SEA Games 2018 pasca-renovasi, Kompleks GBK tertutup untuk pedagang asongan dan juga penjual atribut ilegal. Pihak pengelola mengakalinya dengan menyediakan tempat atau stand resmi untuk disewa.

Untungnya, para awak media sepertinya meliput uji coba Timnas Indonesia kontra Tira Persikabo telah terbiasa dengan situasi ini. Mereka memanfaatkan pedagang resmi untuk sekadar membeli kopi atau mie instan demi mengganjal perut di tengah kesibukan. “GBK sepertinya sudah tidaklah ada pedagang asongan. Adan jugaya pedagang resmi sepertinya dikelola pihak GBK di beberapa sudut stadion. Itu cukup membantu. Kami dapat ngopi, jajan camilan, makan mie instan, hingga berbagai minuman untuk bekal saat meliput,” kata Herry Ibrahim, seorang fotografer media olahraga nasional, kepada Bola.com.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *