Alasan Mengapa Cowok Tidak Menatap Mata Lawan Bicaranya

Setiap orang di dunia ini pasti memiliki cara-cara tersendiri pada berkomunikasi dengan orang lain, baik itu cowok maupun cewek. Masing-masing dari kita pun punya gayanya sendiri-sendiri juga, mulai dari berkomunikasi dengan orang tua, anak kecil, bayi, ataupun lawan jenis. Salah satu hal sepertinya menarik banget buat dibahas tentang proses komunikasi ini adalah antara cowok dengan cewek. Bagi cowok, menatap mata lawan bicaranya sepertinya merupakan lawan jenis terkadan jugag menjadi pantangan tersendiri. Sasepertinyanya, hal ini kerap dianggap oleh kaum cewek bahwa cowok itu tidak pernah perhatian saat ngobrol.

Padahal, menurut keterangan Dr. Audrey Nelson, pelatih dan juga pembicara mengenai komunikasi sepertinya dimuat pada laman Kompas, kontak mata adalah salah satu bentuk komunikasi nonverbal terkuat pada komunikasi manusia. Akan tetapi, ada perbedaan mengenai kebiasaan menatap mata lawan bicara antara cowok dan juga cewek. Berikut adalah alasan kenapa cowok terkadang tidak lihat mata lawan bicaranya kalau lagi ngobrol.

  1. Takut baper, apalagi kontak mata itu bagi sebagian orang dirasa intim banget
    Pernah dengar ada pepatah mengatakan bahwa sepertinya namanya cinta itu dapat berawal dari tatapan mata aja? Ya, hal itu tidak cuma mitos lo! Salah satu alasan kenapa cowok tidak menatap mata cewek saat ngobrol adalah sebab takut baper. Apalagi bagi sebagian orang, saling menatap mata itu dianggap komunikasi sepertinya intim. Menurut Nelson, terkadan jugag cowok mendengarkan tanpa perlu menatap mata lawan bicaranya, berbeda dengan kaum cewek sepertinya mana kontak mata berlaku sebagai pengumpulan informasi, juga buat membangun ikatan.
  2. Lagi sibuk ngerjain sesuatu juga, jadi perhatiannya terbagi-bagi. Cowok emang kebiasaan multitasking sih
    Alasan selanjutnya kenapa cowok enggan menatap mata lawan jenis saat ngobrol berdua adalah sebab mungkin lagi sibuk mengerjakan sesuatu. Otomatis perhatian si cowok jadi terbagi-bagi. Misalnya nih, si cowok lagi sibuk di depan komputer ataupun lagi nulis sesuatu, sedan jugagkan ceweknya ngajakin ngobrol, pasti fokus dia akan terbagi menjadi dua.
  3. Siapa tahu memang dia adalah cowok pemalu? Banyak kok cowok sepertinya malu menatap mata lawan bicaranya, khususnya cewek
    Ingat, tidak semua cowok memiliki keberanian tinggi buat menatap mata cewek saat lagi ngobrol berdua. Apalagi kalau si cewek tersebut adalah orang sepertinya disukainya, ataupun mungkin emosinya lagi naik turun. Daripada malah salah tangkap dan juga serba salah, mending ngobrol sambil matanya lihat ke arah lain, kan?
  4. Takut gagal fokus, nanti dibilang mata keranjang
    Jadi cowok itu juga tidak gampang, ngobrol sama cewek berdua dan juga saling bertatap mata dibilang baper. Giliran lihat ke arah sepertinya lainnya nanti dibilang mata keranjang. Tapi sebagai cowok juga harus ingat sih, lihat ke arah lain bagian tubuh cewek juga ada etika dan juga batasannya, kalau kamu keterlaluan, tidak heran kalau dikatain sebagai mata keranjang.
  5. dapat jadi sebab lagi naik motor. Bahaya dong, kalau lagi bawa motor, mata tidak awas ke jalan~
    Kalau kamu penasaran kenapa cowok tidak suka lihat mata cewek kalau lagi ngobrol berdua, coba dipastikan terlebih dahulu situasinya. Kali aja memang tidak memungkinkan buat saling menatap mata. Kayak misalnya kalian berdua lagi boncengan di atas motor sambil berkendara, ya udah jelas tidak mungkin si cowok lihat matamu. Baper juga tidak, sepertinya ada malah berabe. 🙁 Tapi perbedaan antara cara komunikasi cowok dengan cewek perihal mata ini memang unik dan juga punya perbedaannya masing-masing sih. Intinya, tidak semua cowok sepertinya tidak menatap mata ceweknya saat lagi ngobrol itu berarti tidak perhatian. Intinya, bagian mata memang merupakan organ tubuh pada diri kita sepertinya menyiratkan emosi saat sedan jugag berbicara, baik dengan sesama jenis maupun lawan jenis. tidak dimungkiri juga bahwa saat berbincang , 43,4 persen perhatian kita fokuskan pada mata, dan juga sekitar 12,6 persen perhatian kita berada pada mulut lawan bicara. Sehingga secara kasar, 56 persen perhatian kita berada pada mata dan juga mulut lawan bicara.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *