Zona Merah, Larangan Mudik untuk Tekan Penularan Saat Libur Lebaran

Zona Merah, Larangan Mudik untuk Tekan Penularan Saat Libur Lebaran – Libur panjang cenderung menciptakan peningkatan mobilitas. Biasanya peningkatan mobilitas diikuti penurunan kepatuhan protokol kesehatan masyarakat, dan akhirnya kasus COVID-19 juga turut melonjak.

Tidak hanya diikuti oleh lonjakan kasus, tapi juga diikuti oleh lonjakan kematian. Perpanjangan PPKM Mikro juga menjadi kunci pemerintah untuk menekan penularan di daerah. Berangkat dari pengalaman empat kali libur panjang di 2020 lalu, Satgas Penanganan COVID-19 menganalisis perilaku masyarakat.

Kebijakan-kebijakan untuk mengendalikan angka kasus COVID-19 di tingkat nasional maupun daerah terus diluncurkan pemerintah. Penambahan aturan atau adendum Surat Edaran Ketua Satgas Penanganan COVID-19 No. 13 Tahun 2021, menjadi cara menekan mobilitas penduduk saat mudik lebaran nanti.

Penerapan PPKM Mikro hingga jilid 6 ini membuat kinerja kita membaik. Namun target WHO positivity rate harus di bawah 5%. Nantinya pada 4-17 Mei 2021 kita akan mendorong pemberlakuan PPKM Mikro tahap tujuh. Karena terbukti efektif mengendalikan kasus nasional dan kasus daerah . Meskipun Indonesia sudah memulai program vaksinasi nasional, masyarakat perlu belajar dari kasus lonjakan COVID-19 di India.

Masyarakat banyak beraktivitas di pagi dan siang hari. Ada Jam Malam di RT Zona Merah, kebijakan jam malam yang diberlakukan di lingkungan Rukun Tetangga (RT) yang masuk zona merah COVID-19, merupakan aturan yang kontradiktif dengan aturan yang lainnya. Selain itu, zona merah bisa diketahui jika wilayah tersebut melakukan tes COVID-19 dan melaporkannya. Ada sejumlah skenario yang perlu dilakukan di RT zona merah yakni menemukan kasus suspect dan melacak kontak erat, melakukan isolasi mandiri atau terpusat dengan pengawasan ketat. Masyarakat juga dilarang berkerumun lebih dari tiga orang dan meniadakan kegiatan sosial masyarakat yang menimbulkan kerumunan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *