Chelsea vs Real Madrid di Semifinal Liga Champions 2020/2021

Chelsea vs Real Madrid di Semifinal Liga Champions 2020/2021 – Chelsea akan kembali menghadapi Real Madrid pada pertandingan leg kedua Semifinal Liga Champions 2020/2021. Pertandingan ini akan dilaksanakan di Stamford Bridge London, Kamis (06/05). The Blues sendiri menyongsong pertandingan ini dengan baik. Pasalnya, pada pertandingan pertama di kandang Madrid, mereka sukses menahan imbang tuan rumah. Pada pertandingan yang dilaksanakan di Stadion Alfredo di Stefano, Rabu (28/04) lalu, kedua tim berbagi angka 1-1.Chelsea unggul lebih dulu melalui Christian Pulisic pada menit 14. Sementara, Los Blancos baru bisa menyamakan kedudukan 15 menit berselang melalui Karim Benzema.

Dengan modal ini, peluang Chelsea menyingkirkan Real Madrid sangat terbuka. Mereka hanya perlu bermain imbang tanpa gol untuk mendapat tiket ke partai puncak Liga Champions musim ini. Selain modal gol tandang, ada hal-hal lain yang membuat peluang The Blues meraih tiket ke final terbuka lebar. Apa saja hal-hal tersebut? Pada leg pertama lalu, Real Madrid memang unggul soal penguasaan bola. Namun, keunggulan ini tipis belaka. Los Blancos menguasai 50,8% aliran bola. Sementara, Chelsea menguasai 49,2% aliran bola.

Namun, soal memanfaatkan penguasaan bola, Chelsea lebih unggul. Sepanjang pertandingan, menurut catatan Whoscored, mereka sukses melepas sebelas tembakan ke gawang Madrid. Sementara, Madrid ‘hanya’ melepas sepakan ke gawang tim tamu. Dalam data yang disajikan Whoscored pun tampak bahwa para penggawa Real Madrid lebih kerap memainkan bola di lapangan tengah ketimbang masuk ke final third. Hal ini berbeda dengan Chelsea. Mereka lebih banyak memainkan bola di final third ketimbang sekadar menguasai bola di wilayah sendiri.

Bukan hanya unggul secara kuantitas peluang yang dimiliki, Chelsea pun unggul soal kualitas. Peluang-peluang yang mereka dapatkan pada leg pertama lalu lebih ciamik ketimbang Real Madrid. Tingginya nilai xG Chelsea ini tidak lepas dari kemampuan mereka menciptakan peluang di area berbahaya Madrid. Dari sebelas peluang yang mereka ciptakan, tujuh di antaranya diciptakan para penggawa The Blues di dalam kotak penalti Madrid. Sementara, dari sembilan peluang skuad besutan Zinedine Zidane ini, hanya empat yang mereka ciptakan di kotak penalti Chelsea.

Sudah gagal menciptakan peluang-peluang berkualitas, Madrid pun lemah dalam memanfaatkan peluang mereka tersebut. Dari sembilan peluang yang dimiliki, enam di antaranya meleset dari sasaran. Hanya satu di antara sembilan peluang mereka yang mengarah tepat ke target.Hal ini bisa kontras dengan Chelsea. Dari sebelas peluang mereka, ada lima di antaranya yang mengarah ke target. Hanya dua dari sebelas peluang tersebut yang melenceng dari target. Sementara, empat peluang anak asuh Thomas Tuchel ini diblok pemain belakang Real Madrid.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *