Cara Membersihkan Telinga Kucing

Cara Membersihkan Telinga Kucing – Kucing adalah binatang yang hobi mandi. Jika tidak sedang makan, tidur atau bermain, kucing akan betah berlama-lama membersihkan diri. Karena hal inilah, sebagian besar kucing tak membutuhkan bantuan dalam membersihkan telinga mereka. Namun beberapa kucing, tidak begitu pandai dalam membersihkan lubang telinga mereka. Atau ketika lahir, sudah disertai kotoran-kotoran dalam telinga yang terus menggunung ketika mereka mendewasa.

Dalam kasus seperti ini, kucing butuh Anda, para pemiliknya, untuk membantu membersihkan telinga mereka. Kapan saat yang tepat membersihkan telinga kucing? Setiap saat ketika Anda mulai melihat melihat banyak kotoran menempel di sisi dalam telinga kucing, atau ada beberapa kotoran telinga kucing yang berjatuhan setiap kali mereka menggaruk kepala.

Dikuti dari The Spruce Pets, kotoran pada telinga kucing harus dibersihkan agar tak menimbulkan infeksi yang membahayakan kucing.Bersihkan dulu area lubang telinga Sebelum Anda membersihkan telinga kucing dengan teliti, bersihkan dulu area sekitar lubang telinga kucing dari bulu-bulu yang menjuntai menutup lubang. Gunting bulu yang terlalu panjang agar lubang telinga bisa diakses dengan mudah.

Siapkan bahan-bahan pembersih Lihat Foto Ilustrasi minyak zaitun. Kemudian siapkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membersihkan telinga kucing. Seperti minyak zaitun atau cairan khusus pembersih telinga kucing yang bisa Anda dapatkan di toko perlengkapan satwa, cotton bud, tisu kering atau lap, juga semangkuk air hangat. Jika kucing tidak bisa diam dan tenang, sebaiknya siapkan kudapan atau mainan kucing yang bisa mengalihkan fokusnya.

1. Bersihkan dengan perlahan Hangatkan minyak zaitun hingga suam-suam kuku. Anda bisa meletakkan botol minyak zaitun di dalam mangkuk berisi air panas untuk menaikkan suhu minyak. Biarkan kucing tidur miring agar mudah ditetesi cairan pembersih telinga(Unsplash/Tim King) Gendong kucing di pangkuan Anda atau biarkan kucing tidur miring. Kemudian beri dua hingga tiga tetes minyak zaitun atau pembersih telinga ke lubang telinga kucing Anda. Teteskan cairan ini di kedua telinga kucing. Jika cairan sudah masuk, pijat perlahan bagian bawah atau pangkal telinga kucing.

2. Beri pijatan-pijatan pelan hingga cairan bisa melapisi bagian dalam telinga hingga merata. Kemudian lepaskan kucing Anda dari pangkuan. Kemungkinan besar, kucing akan menggoyangkan kepalanya karena efek dari pemberian cairan yang ada. Goyangan ini akan sangat membantu mengeluaran kotoran hingga ke sisi luar telinga kucing. Setelah lima menit, bersihkan bagian dalam telinga dengan menggunakan air hangat dan cotton bud secara perlahan-lahan. Usap dengan tisu kering jika masih ada cairan yang menetes.

3. Perhatikan hal-hal detil Ketika membersihkan telinga, perhatikan hal-hal detil seperti keluarnya cairan aneh dari telinga, keluarnya darah segar, aroma tidak enak yang keluar dari telinga, kemerahan pada telinga bagian dalam, atau pembengkakan di salah satu bagian dalam telinga. Jika satu dari beberapa hal tersebut terjadi pada kucing Anda, maka segera bawa kucing ke medis terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan khusus. Kesehatan telinga kucing harus terus dimonitor. Gangguan infeksi yang ada di dalamnya, bisa membuat kucing kehilangan indera pendengarannya. Baca juga: Mengulik Sakit Gigi pada Anjing dan Kucing

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *