Cara Download Sertifikat Vaksinasi Covid-19

Cara Download Sertifikat Vaksinasi Covid-19 – Upaya menekan penyebaran virus corona penyebab Covid-19 terus dilakukan pemerintah. Selain Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk Pulau Jawa dan Bali mulai 3-20 Juli 2021, upaya vaksinasi massal Covid-19 juga terus digalakkan. Bagi masyarakat yang telah divaksin, nantinya akan mendapatkan sertifikat yang dapat diunduh secara online.

Setelah selesai divaksinasi, penerima vaksin akan mendapatkan pesan singkat dari 1199. Pesan itu berisi bahwa Anda telah berhasil melakukan vaksinasi. Dalam pesan singkat tersebut juga menginformasikan soal sertifikat vaksinasi yang telah tersedia dan dapat diunduh oleh penerima vaksin. Lantas, bagaimana cara mengunduh sertifikat vaksinasi Covid-19? Cara unduh lewat SMS yang dikirimkan 1199

  1. Buka pesan dari ponsel Anda
  2. Cari pesan dengan pengirim bernomor 1199
  3. Buka pesan yang dikirimkan Berdasarkan pengalaman penulis, setelah melakukan vaksinasi pertama, akan ada dua pesan yang dikirimkan secara bersamaan oleh nomor 1199 Pesan pertama berisi sertifikat vaksinasi ke-1 yang diiberikan secara daring melalui tautan Pesan kedua berisi nama lengkap, NIK, nomor tiket vaksin, jadwal vaksin dosis kedua lengkap dengan tanggal dan lokasi vaksinasi.
  4. Jika ingin mengunduh sertifikat vaksinasi, Anda bisa mengeklik tautan yang dikirimkan pada pesan pertama.
  5. Setelah itu, akan muncul gambar sertifikat vaksinasi dengan format .png
  6. Unduh sertifikat vaksinasi tersebut
  7. Selesai.

Cara unduh sertifikat dari laman Peduli Lindungi, Cara melihat dan mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 juga dapat dilakukan melalui aplikasi Peduli Lindungi atau situs https://pedulilindungi.id/. Berikut caranya:

  1. Buka situs pedulilindungi.id
  2. Klik “Login” jika sudah mempunyai akun Peduli Lindungi, pilih “Register” apabila belum memiliki akun.
  3. Untuk mendaftar, tuliskan nama lengkap serta nomor ponsel Anda.
  4. Klik “Buat Akun”. Baca juga: Menkes Kaji Vaksin Sinovac-Pfizer Disebut untuk Anak dan Remaja
  5. Jika sudah, cek SMS dari PEDULICOVID pada nomor ponsel yang didaftarkan.
  6. Tulis 6 digit nomor yang tertera pada SMS.
  7. Sistem akan memverifikasi kode yang diinputkan.
  8. Setelah berhasil login, klik kolom nama Anda yang terletak di pojok kanan atas situs Peduli Lindungi. Baca juga: Efektivitas Vaksin Covid-19 terhadap Varian Alpha hingga Delta
  9. Pilih “Sertifikat Vaksin”.
  10. Akan muncul tampilan sertifikat vaksin pertama dan kedua jika Anda telah lengkap menerima dua kali vaksinasi. 11. Klik “Unduh Sertifikat” 12. Selesai.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *