Jorginho Tidak Dikartumerah Setelah Injak Grealish

Jorginho Tidak Dikartumerah Setelah Injak Grealish – Ada satu insiden di final Euro 2020 yang dipersoalkan ketika gelandang Italia Jorginho menginjak Jack Grealish. Kenapa Jorginho lolos dari kartu merah? Final Euro 2020 di Wembley 11 Juli lalu memang begitu ramai diperbincangkan, meski sudah berlalu sepekan. Dimulai dari strategi bertahan Inggris setelah gol cepat Luke Shaw, keputusan memainkan Jadon Sancho dan Marcus Rashford di akhir extra time babak kedua, atau soal penunjukkan Bukayo Saka sebagai penendang kelima Inggris.

Nah, salah satu yang kemudian banyak dibicarakan orang adalah insiden Jorginho dan Grealish di babak kedua perpanjangan waktu. Tepatnya pada menit ke-114, Jorginho melanggar Grealish. Dia menginjak bola, lalu langkahnya menerjang paha Grealish. Wasit yang memimpin laga, Bjorn Kuipers, mengganjar pemain Chelsea itu dengan kartu kuning.Keputusan ini lantas dipertanyakan mengingat Kuipers harusnya melihat VAR lebih dulu karena pelanggaran itu terbilang keras. Sayangnya, Kuipers bergeming dan Jorginho lolos dari kartu merah.

JIka saja Jorginho saat itu diusir keluar, Inggris bisa saja mendapat keuntungan dari segi mental dan mungkin dapat memenangi pertandingan itu di sisa waktu. Bukan malah kalah adu penalti dengan skor 2-3 hingga mengubur impian meraih gelar Euro pertamanya.

Terkait insiden kontroversial yang lolos dari kartu merah, Ketua Wasit UEFA yang berasal dari Italia, Roberto Rosetti, punya penjelasannya. Menurut UEFA, Jorginho tidak ada niat untuk mencederai Grealish. Sebab, Jorginho lebih dulu memenangi bola sebelum kakinya mengarah ke paha Jack Grealish. Jika kaki Jorginho langsung menginjak Grealish, maka dia akan diusir.

“Kuipers melihat Jorginho berusaha memenangi bola – Anda bisa lihat kaki kanannya mengarah ke bola duluan dan itu terlihat jelas sekali. Lalu kaki kanannya terpeleset karena bola sehingga ada kontak kedua dengan kaki pemain nomor tujuh dari tim Inggris,” kata Rosetti.

“Wasit sudah menjelaskan kepada VAR terkait apa yang sebenarnya dilihat di lapangan,” sambungnya. “Lalu apa tugas VAR? Untuk mengecek lagi secara detil apa yang wasit lihat. Jadi contohnya, jika kaki kanan tidak mengarah bola, tapi langsung ke kaki lawan, maka keputusan bisa dianggap tidak sah.”

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *