Selain Indonesia, Negara Ini Wajibkan Sertifikat Vaksin di Tempat Umum

Selain Indonesia, Negara Ini Wajibkan Sertifikat Vaksin di Tempat Umum – Pemerintah Indonesia akan mulai mewajibkan sertifikat vaksinasi Covid-19 bagi mereka yang beraktivitas di tempat-tempat umum. Kebijakan ini akan mulai diterapkan secara bertahap, dimulai dari pusat perbelanjaan dan mall. Selain Indonesia, sejumlah negara juga mulai memberlakukan aturan bukti vaksin untuk syarat aktivitas di tempat umum.

Seperti juga di Indonesia, kebijkan tersebut masih menuai kontroversi terutama di negara dengan angka cakupan vaksinasi Covid-19 yang masih rendah. Sertifikat Vaksin untuk Syarat Bepergian ke Tempat Umum Di China, ke sekolah wajib vaksin Siswa di China tidak diperbolehkan ke sekolah apabila orangtua mereka belum mendapat suntikan vaksin Covid-19.

Pemerintah China tidak akan mengizinkan siswa masuk sekolah pada bulan September kecuali seluruh keluarganya sudah mendapat dosis vaksin penuh. Sementara, di beberapa kota, orang yang belum divaksin juga tidak bisa memasuki tempat-tempat umum seperti rumah sakit dan supermarket. Di provinsi Pingxiang, Hebei Utara, siswa berusia 12-17 tahun tidak akan boleh ke sekolah kecuali sudah divaksinasi.

Belum jelas apakah ini berlaku untuk siswa dari usia lain. Fasilitas umum di New Hampshire, Amerika Serikat (AS), Gubernur Chris Sununu menandatangani undang-undang yang mengatur pembatasan akses fasilitas publik bagi mereka yang belum disuntik vaksin Covid-19. Tingkat vaksinasi New Hampshire sedikit lebih tinggi dari rata-rata nasional.

Perancis
Di Perancis kartu vaksinasi atau tes Covid-19 diwajibkan bagi mereka yang ingin mengunjungi acara budaya, olahraga, dan sosial. Melansir Al Jazeera, Sabtu (7/8/2021), Presiden Emmanuel Macron mewajibkan bukti vaksinasi lengkap dan hasil tes negatif sebagai syarat menikmati kegiatan rutin.

Mulai Senin, kartu kesehatan menjadi syarat untuk makan di restoran atau menikmati minuman di kafe baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Ini juga akan menjadi syarat wajib pada transportasi antarkota, termasuk kereta api berkecepatan tinggi dan penerbangan domestik, meskipun tidak akan diperlukan pada sistem metro dan transportasi pinggiran kota.

Juru bicara Pemerintah Perancis, Gabriel Attal, mengatakan, izin yang berdasarkan aturan saat ini akan diperlukan hingga 15 November agar menghindari pembatasan lebih lanjut karena negara itu memerangi gelombang keempat pandemi.

Italia
Sementara di Italia, pembatasan akses bagi orang yang belum divaksinasi diterapkan oleh pemilik bar dan restoran. Mulai 6 Agustus 2021, Green Pass sertifikat digital atau kertas yang menunjukkan seseorang telah menerima setidaknya satu suntikan vaksin, mulai berlaku di sebagian besar ruang publik dalam ruangan.

Uni Emirat Arab Di Abu Dhabi
Uni Emirat Arab, orang yang belum divaksin tidak bisa mengakses sebagian besar tempat umum. Pperaturan ini mulai berlaku 20 Agustus 2021. Mereka yang tidak divaksin, tidak akan diizinkan memasuki sekolah negeri dan swasta, universitas, tempat pembibitan, pusat perbelanjaan, restoran, kafe, gym, museum, taman hiburan, resort, dan semua gerai ritel lainnya.

Namun ada pengecualian untuk toko ritel yang menjual barang-barang penting, seperti supermarket dan apotek, di mana semua orang akan tetap diizinkan masuk terlepas dari status vaksinasi mereka. Adapun UEA tercatat memiliki tingkat vaksinasi tertinggi di dunia, dengan tingkat 154 dosis yang diberikan per 100 orang. Meski demikian, otoritas federal UEA baru-baru ini memperingatkan tentang peningkatan kasus dan kematian terkait varian delta yang lebih menular.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *