Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Android

Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Android – Ada beberapa faktor yang membuat ponsel menjadi lambat saat dioperasikan, salah satunya akibat kapasitas memori penyimpanan penuh. Ponsel yang mulanya kosong, lambat-laun menjadi penuh akibat data dari aktivitas penggunaannya. Lantas bagaimana cara mengatasi memori penuh di ponsel Android? Menghapus beberapa file atau aplikasi agar memori tidak penuh, cukup memakan waktu.

Apalagi, memilih file yang harus dihapus kerap membingungkan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi memori penuh, termasuk menghapus data cache. Apa itu data cache? Sebagaimana diberitakan, data cache merupakan data sementara dari aplikasi yang terpasang atau tersimpan di memori ponsel.

Setiap aplikasi memiliki file cache yang “memakan” ruang penyimpanan. Semakin sering digunakan, data cache pun akan semakin menumpuk. Misalnya saja ketika pengguna membuka suatu situs di peramban, sistem akan menyimpan gambar yang dilihat dan menyimpannya di file cache.

Adapun beberapa aplikasi yang membutuhkan ruang penyimpanan cukup besar antara lain Instagram, Facebook, TikTok, dan aplikasi marketplace, yang ukurannya dapat mencapai ratusan megabyte. Dengan menyimpannya, sistem tidak perlu mengunduh gambar yang sudah pernah dibuka sebelumnya, sehingga durasi yang dibutuhkan untuk membuka situs tersebut bisa lebih cepat dan tidak menghabiskan banyak kuota internet.

Cara memori agar tidak penuh Cara aman yang bisa dilakukan agar memori tidak penuh adalah dengan menghapus data cache, karena tidak akan menghapus data aplikasi, seperti data login, game yang tersimpan, dan sebagainya. Berikut langkah-langkah menghapus data cache, cara memori agar tidak penuh:

– Buka menu pengaturan – Pilih menu Battery and Device Care – Pilih opsi Storage – Pilih icon tiga titik di kanan atas layar, kemudian pilih Advance – Selanjutnya, pilih Other Apps – Pilih aplikasi yang sering digunakan – Setelah aplikasi dibuka, terlihat jumlah data yang digunakan, pilih opsi “clear cache” yang terdapat di kanan bawah. Antar muka setiap merek dan jenis ponsel Android berbeda, dengan begitu, langkah mengatasi memori penuh dapat sedikit berbeda. Akan tetapi, perbedaannya tidak akan terlalu jauh.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *