Membeli Kosmetik secara Online? Begini Prosedur Amannya

Membeli Kosmetik secara Online? Begini Prosedur Amannya – Sekarang segala sesuatu bisa diburu via daring. Termasuk juga produk kosmetik dan skin care. Berbelanja daring memang praktis, hemat waktu dan energi. Namun berbelanja online memiliki beberapa kekurangan. Jika tidak berhati-hati, Anda bisa mendapatkan barang yang kurang berkualitas atau justru barang palsu yang bisa jadi memiliki komposisi bahan yang membahayakan kesehatan. Jadi ketika berbelanja online, jangan mudah tergiur promosi diskon atau potongan harga yang selangit.

Pastikan dulu keaslian dan keamanan produk kosmetik dengan cermat dan teliti. Di akun Instagram resminya, BPOM memberikan cara berbelanja kosmetik via daring yang aman dan nyaman. Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin berburu kosmetika di marketplace:

  1. Jangan tergiur iklan
    Semua produsen atau distributor akan mengklaim bahwa produknya memiliki keunggulan dibanding produk lain. Jadi sebagai konsumen, jangan pernah tergiur akan iklan atau klaim yang berlebihan. Cari tahu dulu informasi mengenai komposisi produk juga testimoni atau review konsumen yang sudah pernah membeli dan menggunakan produk yang ada.
  2. Pilih penjual yang terpercaya
    Banyak sekali toko daring atau marketplace yang bertumbuhan. Pilih salah satu yang paling terpercaya atau memiliki review bagus. Jangan pernah malas untuk mencari tahu reputasi dari sebuah toko, penjual serta sebuah produk. Baca juga: Cara Cek Berita Hoaks via Aplikasi BPOM Mobile
  3. Lakukan cek KLIK Cek KLIK ala BPOM meliputi cak kemasan, cek izin edar, cek label dan cek masa kedaluwarsa.
    Untuk kemasan, cek kondisi kemasan dari produk yang ada. Jika ketika sampai di tangan ternyata kemasan rusak atau tak utuh, segera minta pengembalian atau penggantian produk. Sedangkan cek izin edar adalah untuk melihat apakah produk terdaftar atau ternotifikasi secara resmi di BPOM sebagai produk yang aman digunakan. Nomor notifikasi di kosmetika ditandai dengan kode NA/NB/NC/ND/NE dan diikuti dengan 11 digit angka. Untuk cek label, pastikan label dilengkapi dengan nama produk, nama dan alamat produsen atau importir, komposisi produk, cara penggunaan, dan info-info penting lainnya. Terakhir, jangan lupa cek masa kedaluwarsa produk. Anda bisa menanyakan langsung ke penjual untuk mengetahui mengenai masa pakai dari produk yang ada.
  4. Jangan membeli kosmetika yang tidak boleh dijual secara bebas
    Ada beberapa bahan kosmetik yang tidak diperbolehkan dijual secara bebas. Yaitu produk kosmetika sediaan kulit yang mengandung Alpha Hidroxy Acid atau AHA dengan kadar lebih besar dari 10 persen, dan produk kosmetika sediaan pemutih gigi yang mengandung atau melepaskan hidrogen peroksida dengan kadar lebih besar dari 6 persen. Jika Anda mendapati dua produk ini di pasar bebas, maka bisa dipastikan itu adalah produk ilegal tanpa izin edar dari BPOM.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *