Vaksinasi Covid-19 Langkah Terbaik Memutus Pandemi! Ini Penjelasannya

Vaksinasi Covid-19 Langkah Terbaik Memutus Pandemi! Ini Penjelasannya – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu langkah yang diambil oleh Pemerintah hampir di seluruh dunia. Hal tersebut dikarenakan efektivitas vaksin yang dipercaya mampu guna memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

Seseorang yang sudah mendapatkan vaksin akan mendapatkan tingkat kekebalan tubuh atau sistem imun yang kuat daripada individu tanpa vaksin. Itu semua akan berlanjut pada terciptanya kekebalan tubuh secara mengelompok atau dikenal dengan istilah Herd Immunity.

Lalu apakah vaksinasi Covid-19 menjadi satu langkah terbaik untuk dapat memutus pandemi? Berikut adalah penjelasan lengkapnya seperti dikutip dari Covid19.go.id:

  • Indonesia menjadikan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sebagai bagian dari strategi penanggulangan pandemi COVID-19, di mana pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ini bertujuan untuk melindungi masyarakat dari kesakitan dan kematian akibat COVID-19.
  • Setelah seseorang mendapatkan vaksinasi, dibutuhkan waktu untuk pembentukan kekebalan. Kekebalan optimal hanya akan terbentuk bila seseorang mendapat dosis lengkap sesuai jadwal yang dianjurkan. Selama cakupan vaksinasi belum luas, kekebalan kelompok belum terbentuk, potensi penularan masih tinggi. Karena itu, sekalipun telah dilakukan vaksinasi, masyarakat tetap harus mematuhi dan menjalankan protokol Kesehatan 5M. Di sisi lain, Pemerintah juga tetap akan menggiatkan kegiatan 3T (Test, Tracing, dan Treatment) untuk penanggulangan COVID-19.
  • Dengan diperkuatnya imunitas masyarakat, produktivitas juga akan meningkat sehingga meminimalkan dampak ekonomi dan sosial yang selama ini menjadi salah satu isu utama pandemi COVID-19 di samping kesakitan dan kematian. [bil]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *