Minum Susu Sebelum Tidur Bisa Membuat Kita Lebih Nyenyak, Benarkah ?

Minum Susu Sebelum Tidur Bisa Membuat Kita Lebih Nyenyak, Benarkah ? – Kebiasaan minum susu sebelum tidur dipercaya bisa meredakan kegelisahan, membuat tenang, dan membuat tidur lebih nyenyak. Tradisi minum susu sebelum tidur sudah ada di berbagai belahan dunia. Beberapa orang percaya akan khasiatnya dalam mengundang kantuk, beberapa lagi berpendapat tradisi itu hanyalah mitos semata. Semakin maraknya orang yang terkena gangguan tidur, membuat banyak orang mencari pengobatan alternatif dari bahan alami non obat. Salah satunya, minum susu sebelum tidur.

Karena gangguan tidur insomnia sendiri, bisa mengacaukan rutinitas dan aktivitas harian seseorang. Mengantuk karena kurang tidur, bisa membuat seseorang tidak fokus ketika harus melangkah ke ruangan kerja. Benarkah susu bisa mengundang kantuk? Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap binatang dan manusia menunjukkan bahwa produk yang mengandung susu seperti susu murni dan keju, jika dikonsumsi sebelum tidur, memang bisa membantu seseorang tidur lebih nyenyak.

Meski faktor yang bisa membuat seseorang tidur lebih nyenyak itu tak bisa dipastikan 100 persen berasal dari produk susu yang ada. Beberapa ahli hanya menyimpulkan bahwa beberapa senyawa di dalam susu bisa mengubah komponen kimiawi dalam otak sehingga bisa membuat seseorang lebih tenang dan rileks. Lebih lanjut dijelaskan bahwa komponen dalam susu yaitu tryptophan dan melatonin adalah yang bisa mengantar seseorang rileks hingga menuju kantuk.

Tryptophan adalah asam amino yang banyak didapatkan dari berbagai produk pangan. Senyawa ini bisa mendorong produksi serotonin. Dan serotonin, adalah hormon yang bekerja mengatur mood, menimbulkan ketenangan, dan memacu produksi hormon melatonin atau hormon yang bisa membuat kita tertidur. Meski begitu, belum ada studi yang memastikan soal berapa takaran susu yang mengandung trytophan dan melatonin cukup banyak sehingga bisa membuat kita cepat mengantuk.

Mengenai ritual minum susu sebelum tidur memang melahirkan pro kontra, sehingga beberapa divisi ilmu pun tertarik untuk ikut mempelajarinya. Salah satunya adalah para pakar psikologi. Ritual minum susu di malam hari bisa menimbulkan efek psikologis menenangkan, sehingga seseorang bisa lebih mudah mendapatkan kantuk. Para pakar ini menyatakan bahwa kaitan ritual minum susu sebelum tidur dan kemudahan mendapatkan kantuk tidak terlalu berhubungan dengan kandungan nutrisi di dalam susu.

Melainkan lebih terkait dengan pendekatan psikologis. Minum susu sebelum tidur dikatakan sebuah ritual malam yang sudah melegenda, sehingga bisa menyugesti seseorang untuk lebih tenang kemudian bisa merebahkan diri dan menuju tidur. Selain itu, ada pula teori lain. Bahwa minum susu sebelum tidur seperti membalikkan ingatan kita ke masa kecil, di mana kita akan selalu menyesap ASI sebelum akhirnya terpejam.

Ingatan masa kecil ini yang akan membuat pikiran lebih tenang dan nyaman, seolah memberi sinyal ke otak jika sudah tiba waktunya untuk beristirahat. Jadi, entah karena nutrisi atau efek psikologisnya, jika Anda memiliki kesulitan berburu kantuk, tidak ada salahnya untuk segera menyesap segelas susu hangat menjelang tengah malam.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *